Selasa, 03 April 2012

Hidup saya dengan Baca dan Tulis

Saya suka baca buku dan nulis. Terutama baca, virus ini ditularin sama tante dan om saya yang juga berdomisili di Bandung. Di rumahnya banyaaaak banget buku - buku, terutama novel - novel gitu. Kalo saya kesana, pasti disodorin novel. Dan saya masih inget ada 1 novel yang belom saya balikin, hehehehe.

Bicara masalah buku, sejak SMA saya sebenernya sudah suka mengoleksi dan membeli buku hasil dari uang jajan yang dikasih sama orangtua. Kalo dulu semasa SMA sih, buku - bukunya banyak. Tapi gak pernah kepikiran kalo mau dibikin perpus sama saya pas beberapa waktu akhir ini. Walhasil buku - buku saya semasa SMA banyak yang masuk perpustakaan SMA . Dulu sih saya gak mikir sampe situ. Tapi sekarang, pengennya saya, bisa bikin perpus sendiri. Hehehe. Mudah - mudahan . Target tahun ini sih punya 50 buku, dan alhamdulillah udah setengahnya terpenuhi :)



Novel mungkin adalah tipe buku yang paling banyak ada di koleksi buku saya, selain buku - buku informasi. Yah, notabene sih saya beli buku karena senang aja. Dulu saya punya tetralogi Twilight lengkap . (bangga). Tapi sayangnya karena banyak yang minjem terus nggak balikin, akhirnya saya nggak ngerti itu novel dimana. Yang saya inget, novel Breaking Dawn milik saya udah saya masukin ke perpustakaan SMA. Pernah juga punya 4 dari 5 pentalogi Gajah Mada. Saya paling seneng kalo udah baca ini. Udah selesai pun, dibaca lagi, terus dibaca. Suatu hari saya lagi butuh uang. Walhasil 3 dari 4 buku Gajah Mada saya jual dengan harga yang miring. Yah, yang penting dapet duit deh. Eh gilirannya lagi pengen baca, di toko buku, novel Gajah Mada ini susah banget dicari ! Saya bingung, ini kenapa susah banget ya. Alhamdulillah e-Booknya ada, tapi cuma sampe seri 3. Belakangan saya tahu kalo penerbit Gajah Mada ini mengalami kerugian besar. Gara  - gara itu kali ya .

Salah satu penulis yang saya kagumi adalah Eddri Sumitra, atau E.S.Ito, sang penulis Negara Kelima dan Rahasia Meede, dan juga scriptwriter film Republik Twitter. Beliau senior saya loh, sama - sama lulusan TN. :) Kebayang deh waktu baca Rahasia Meede, gimana bang Eddri ngeriset sampe sedalem - dalemnya dan bahkan ada fakta - fakta mengenai VOC yang belum saya tau, di campur sama bumbu - bumbu fiksi, bikin saya bingung, ini beneran apa cuma novel doang. Salut angkat topi buat bang Eddri.

Nah sekitar 1 tahun lah, saya mulai minat untuk menulis. Menghidupkan lagi blog saya yang sempet mati suri, dan mulai menulis hal - hal yang menarik. Waktu umur sekarang liat tulisan saya sendiri pas masih masa - masanya SMA, bener - bener pengen ketawa. Yah, masa - masa jahiliyah saya yang masih menganut aliran keren pada saat itu yang akhirnya saya ketahui saat ini tuh sangatlah ALAY dan LEBAY. kalo lebaynya sih sekarang masih kesisa, hehehe. Niat menulis pun nambah besar ketika ada workshop menulis bareng bang Dodi Mawardi TN1, yang akhirnya segera saya suka dengan kegiatan tulis - menulis. Dan sejak saat itu aliran tulisan saya mulai berubah menjadi bau - bau jurnalistik dan saya kepincut jadi wartawan/pers. Padahal saya dah dijamin PNS. (lah ? )

Sejak saat di kampus ini pula saya ikut kegiatan Pers Mahasiswa, yang bikin saya makin kepincut sama dunia tulis menulis. Bener kata bang Dodi, menulis itu asik juga, karena bisa ncurahin segala tetek-bengek apa yang dikepala dengan cepat, dan biar nggak cepet pikun juga, karena ilmu yang didapet langsung ditulis .Dan sampe sekarang, karya tulisan saya baru sekitar artikel - artikel yang saya post di blog. Belum sampe terlalu jauh. Mimpi saya sih, tahun ini saya udah nerbitin buku. Amin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar