Minggu, 08 April 2012

Alasan untuk Kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan

Tiap tahun, calon lulusan SMA dan lulusan SMA berbondong - bondong mencari tempat kuliah paling top, paling sip, paling deket, dan paling pas.
Dari survey sih, banyaknya ya paling ITB, UI, UGM, Unpad, Undip, dan lain - lain.
Memang berpusatnya di Jawa sih..
Yang saya lihat selama ini, temen - temen dan kakak - kakak yang udah kuliah di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta , sepintas kayaknya masalah kemudahannya terletak pada kuliahnya dan kesulitannya pada kehidupannya.
Nah, untuk yang calon lulusan SMA, saya coba sarankan untuk memilih Perguruan Tinggi Kedinasan sebagai alternatif tujuan pendidikan setelah lulus SMA.


Sebenernya, perguruan tinggi kedinasan itu apa sih ?

Perguruan Tinggi Kedinasan, itu pada dasarnya sama dengan perguruan tinggi negeri pada umumnya, HANYA, ada beberapa perbedaan yang perlu dicermati, dan alasan yang perlu dipertimbangkan untuk beralih ke Perguruan Tinggi Kedinasan.

1. Perguruan Tinggi Kedinasan diselenggarakan oleh Kementerian / Lembaga Non Departemen.

Nah, kalo Perguruan Tinggi Negeri kan dibawah Kementerian Pendidikan, kalo PTK ( Perguruan Tinggi Kedinasan ) itu dibawah Kementerian di Indonesia, tapi untuk masalah konten pendidikan tetep mengacu pada ketentuan Kementerian Pendidikan. Nama - nama PTK mencerminkan haluan PTK tersebut, awalannya biasanya pake nama Sekolah Tinggi atau Akademi, misalnya seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ( STAN ) yang haluannya ke Kementerian Keuangan.  Kalo Akademi Kepolisian sama Akademi Militer , ini saya masih bingung statusnya Perguruan Tinggi Kedinasan atau bukan. Menurut saya sih, termasuk.

2. Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi Kedinasan ( biasanya ) berbasis semi - militer.

Tau IPDN kan ? Yang terkenal dengan adanya tindakan semi militer begitu ? Saya yakin gara - gara ini, lulusan SMA terutama orangtuanya pada parno kalo mau daftarin anaknya ke PTK, terlebih kalo sistem pendidikannya militerisme gitu.

Nah ini yang perlu saya luruskan.

Sebenernya buat apa sih PTK mengambil sistem pendidikan semi-militer?
Saya garis bawahi ya, semi-militer. Bukan militer penuh. Artinya, hanya pada beberapa aspek tertentu aja , pendidikan gaya militer ini diambil. Tidak seluruhnya.

Tujuannya  ?

Pernah liat kan bagaimana sikap, mental, dan perilaku seorang prajurit TNI yang baik ? Atau , minimal seorang taruna Akademi Militer? Mereka berjiwa tangguh, tanggon, trengginas, respek terhadap lingkungan, tahan terhadap penderitaan, pantang menyerah, cakap, dan yang paling penting : Disiplin. Nah aspek inilah yang diperlukan di dalam PTK guna mempersiapkan lulusannya untuk bekerja di Kementerian masing - masing. Diharapkan ketika mereka bekerja nantinya, dapat memberikan yang terbaik untuk kementeriannya masing - masing.

3. (Sebagian Besar) Perguruan Tinggi Kedinasan Gratis , dan Langsung Bekerja !

Saat saya tanya, mengapa temen - temen saya mau masuk PTK, salah satu tujuannya adalah : Gratis . Ya, gratis ! Kenapa ? Karena penyelenggara pendidikannya adalah Kementerian masing - masing, jadi mereka cenderung membiayai seluruh pendidikan, karena nantinya lulusan PTK akan LANGSUNG BEKERJA di PTK masing - masing. Kebutuhan hidup seperti Asrama, makan, kuliah, dan lain - lain sudah disediakan. Bahkan beberapa PTK memberikan Tunjangan Ikatan Dinas ( TID ). Istilahnya, uang saku begitu . Pengecualian seperti STAN yang biaya sendiri, dan rumornya sekarang sudah tidak ikatan dinas lagi ( Anak STAN , tolong kasih tau saya, rumornya bener ga ya ? ), dan STIS ( Sekolah Tinggi Ilmu Statistik ) yang memberikan TID namun tidak menyediakan asrama.

Bagi yang mau membantu orangtua meringankan beban biaya, PTK adalah pilihan yang baik.

4. Mata Kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan bersifat Spesifik.


Adakah Perguruan Tinggi lain yang mempelajari kriptografi (persandian) sedalam Sekolah Tinggi Sandi Negara ? Adakah Perguruan Tinggi lain yang mempelajari statistik sedalam Sekolah Tinggi Ilmu Statistik ? Adakah Perguruan Tinggi lain yang mempelajari ilmu transportasi sedalam Sekolah Tinggi Transportasi Darat, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, dan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia ?

Saya berani jawab : Tidak.

Inilah salah satu keunggulan Perguruan Tinggi Kedinasan : Mempelajari mata kuliah yang begitu spesifik hingga saya bisa sebut merekalah Spesialis dari masing - masing bidang. Hehe.
Makanya, lulusan PTK ini benar - benar ahli di bidangnya masing - masing dan tiap Kementerian/Lembaga begitu mempercayakan pekerjaan kepada Lulusan PTK. Makanya bisa langsung kerja .. :D


Itulah, sedikit dari pengetahuan saya mengenai Perguruan Tinggi Kedinasan. Sekedar info, mulai bulan kemarin sudah dibuka pendaftaran dari berbagai PTK ! Ayo, segera daftar !

Oh iya, bagi yang ingin tahu lebih dalam tentang perguruan tinggi Kedinasan, bulan ini diselenggarakan acara PTK Expo ! Tunggu saja info terbarunya dari saya :)

List PTK dibawah kementerian : Klik disini
List PTK dibawah non-kementerian : Klik disini
Info tentang masing - masing PTK : Klik disini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar