Jumat, 25 Mei 2012

Manajemen Waktu bag.2 : Skala Prioritas

Dalam memanajemen waktu, mengatur skala prioritas adalah salah satu elemen penting dan paling vital dalam kesuksesan memanajemen waktu.
Skala Prioritas Stephen R. Covey
Menurut Stephen R. Covey, dalam bukunya First Things First, ada kuadran yang merepresentasikan bagaimana mengatur skala prioritas .

Covey membaginya dalam 4 kuadran, yang setiap kuadran merepresentasikan kebutuhan yang berbeda - beda.

Kuadran I menunjukkan sebuah prioritas yang sangat mendesak dan juga sangat penting. Kuadran inilah yang diprioritaskan harus diselesaikan sesegera mungkin, karena dikhawatirkan jika tidak terlaksana akan mempengaruhi kinerja secara keseluruhan.

Kuadran II menunjukkan prioritas yang sangat penting namun tidak mendesak. Kuadran ini merepresentasikan hal yang sangat penting dilakukan, namun tidak perlu dilakukan saat ini juga.

Kuadran III menunjukkan hal yang sangat mendesak, namun tidak terlalu penting, yang merepresentasikan sebuah hal yang harus dilakukan saat itu juga, namun dari segi substansi sebenarnya tidak terlalu berpengaruh.

Sedangkan kuadran IV menrepresentasikan hal yang tidak mendesak dan juga tidak penting. Prioritas ini merupakan prioritas paling bawah yang perlu dilakukan jika kita memiliki beberapa kegiatan. Aturlah agar kegiatan dengan prioritas kuadran ini ditempatkan paling bawah.

Secara umum, dari ukuran waktu, kerjakanlah terlebih dahulu hal yang berada di kuadran I, lalu di Kuadran III, berikutnya kuadran II dan terakhir kuadran IV.

Disarikan dari kuliah umum oleh Donny Oktavian Syah ( oktaviansyah@gmail.com) Bogor, 25 Mei 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar