Jumat, 25 Mei 2012

Manajemen Waktu bag. 1 : Menyadari Pentingnya Waktu

courtesy of panoramio.com
Ketika membaca posting saya ini, cobalah sejenak untuk merenungkan, berapa lama waktu yang anda habiskan untuk bekerja ? Berapa lama waktu yang anda gunakan untuk bersama keluarga? Berapa lama waktu yang anda pakai untuk hal - hal mengenai hobi anda ?

Jika kita menyadari bahwa lebih banyak hal - hal tidak berguna dan tidak bermanfaat yang kita pakai dalam sebagian besar waktu, kita perlu mengatur atau memanajemen ulang waktu.


Bisa dibilang, waktu adalah hal yang paling berharga, dan paling jauh dari kita. Ketika saya menulis hal ini, terasa bahwa sekitar 3 menit telah pergi dari kehidupan saya, meninggalkan saya, dan saya gunakan untuk menulis.

Dan ketika Anda membaca paragraf ini, Anda akan menyadari bahwa beberapa detik telah meninggalkan kehidupan Anda, dan Anda gunakan untuk membaca post ini.

Begitu berharganya waktu bagi manusia, sungguh mereka yang tidak memanfaatkannya dengan baik, akan menyesal. Saya jamin itu. Karena waktu tidak dapat diputar kembali.

Apa saja hal - hal penting yang perlu kita camkan dalam 'bermain' dengan waktu ?

1. Perhatikan waktu kita saat ini.

Kalau di Indonesia, kita mengenal adanya jam karet atau kebiasaan ngaret, tidak begitu dengan di Jepang. Saya membandingkan Jepang dengan Indonesia, karena perbedaan budaya manajemen waktu masyarakat kedua negara sangatlah kontras. Di Jepang, kedisiplinan akan waktu sudah terpatri dalam kehidupan masyarakatnya. Lihat saja di sana, orang - orang berjalan dengan cepat seolah sedang di kejar waktu. Bahkan, untuk waktu istirahat pada saat jam kantor yang hanya 40 menit, benar - benar dimanfaatkan bagi para pegawai di Jepang . Mereka sudah mengerti betapa berharganya waktu .

2. Refleksi diri kita sendiri, bagaimana kita menghabiskan waktu .

Ambil contoh dalam sehari, 24 jam. Kalau dalam masa kuliah atau kerja, hitunglah bahwa kita bekerja atau kuliah dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 . Berarti sekitar 8 jam sudah kita habiskan untuk bekerja. Untuk makan, kita ambil sekitar 20 menit setiap makan, berarti 60 menit atau 1 jam kita habiskan untuk kegiatan makan. Untuk kegiatan ibadah, khususnya bagi yang beragama Islam, ambillah kita menghabiskan waktu sekitar 1 jam sehari untuk beribadah. Dan tidur kita, dari pukul 22.00 hingga pukul 05.00. Sekitar 7 jam. Total 17 jam untuk kegiatan kita sudah digunakan. Nah, apa yang kita gunakan untuk 7 jam yang luang ini ? Mari refleksikan. Sudahkah kita memanfaatkannya dengan baik ?

3. Sadari kapan kita  menghabiskan waktu dengan sia - sia.

Dari 7 jam diatas, apakah kita seluruhnya menggunakan waktu itu untuk hal - hal yang sia - sia ? Yang benar - benar tidak berguna ?

4. Ketahui kapan kita produktif .

Dalam jam kerja yang kita alami tersebut, apakah kita benar - benar produktif dalam bekerja ? Apakah kita menggunakan waktu luang untuk hal - hal yang produktif atau bermanfaat ?

Sadarilah 4 hal diatas. Lalu tentukanlah, sudahkah kita memanfaatkan waktu dengan baik ?


Disadur dari Kuliah Umum Manajemen Waktu oleh Donny Oktavian Syah (oktaviansyah@gmail.com) Bogor, 25 Mei 2012 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar