Jumat, 06 April 2012

Bandung Supermall : Dekat di Mata, Jauh di Dompet

Jalan Gatot Subroto di Bandung sekarang bener - bener beda sama waktu dulu saya semasa SD, terlebih ketika Bandung Supermall dibangun.

Sekitar tahun 2000 atau 2001 kalo ga salah, Bandung Supermal di bangun tepat di seberang SD saya berada.
Waktu itu saya yang ke mall aja ga pernah, melihat BSM ( sebutan Bandung Supermall ) pun bikin saya kepengen kesana . Dan tahun 2002 itu mall udah selesai di bangun. Kalo saya ga percaya itu mall udah selesai, soalnya konstruksi luarnya mirip sama konstruksi bangunan belom di cat gitu, makanya saya pikir masih under construction. Ternyata emang konsepnya gitu. Hehehe.



Nah, imbas dari makin ramenya Bandung Supermall, dan Jalan Gatot Subroto yang dulu cuma 2 ruas bolak - balik, sekitar tahun 2003 juga, Gatot Subroto mulai diperluas jalannya. Dulu inget semasa SD, waktu jalannya masih proses di aspal dan belom kering, pernah nekat ngebut naik sepeda di jalan yang aspalnya belom kering gara - gara ada yang ketinggalan dirumah, dan untung saat itu saya masuk siang. Eh ternyata nyampe sekolah saya baru sadar kalo aspalnya nyiprat ke mana - mana, sampe baju belakang sama celana belakang saya pun kena. Kebayang gimana malunya itu :D

Bandung Supermall, entah bagaimana caranya bener - bener jadi trademark baru buat kota Bandung. Kalo ada yang nanya " Rumah kamu dimana ? " , ada 2 opsi. Kalo orangnya tahu Bandung, tinggal kasih tahu di Jl. Gatsu, atau kasih tau komplek SeskoAD sekalian, kalo dia tau. Opsi kedua, seandainya nggak tau Bandung, tinggal kasihtau ," Rumah saya deket BSM". Hehehe, mudahnya menjelaskan alamat ketika ada bangunan atau tempat yang tersohor di deketnya.

Tapi, yah gara - gara nggak ada uang, Bandung Supermall bener - bener jarang saya jamah, walaupun lokasinya deket banget, 10 menit jalan juga udah nyampe. Paling kalo diajak ke sananya juga. Itupun kalo ada yang ngajak dan tujuannya jelas. Hehehe. Terutama karena pernah ada isu bom di BSM.

Baru sekitar saya menginjak bangku SMA dan saya cuma 2 taun sekali ke Bandung, pas liburan, karena SMA saya berasrama, saya sering ke BSM. Paling pertama sih, buat ngajak dating atau ngajak jalan siapaa gitu. :"). Terus ya karena kangen - kangenan bareng sama temen SMP, tempat paling gampang buat dituju ya di BSM. Hobi baca buku saya pun mulai ketika SMA, dan Gramedia Bandung Supermall adalah tempat yang saya sering sambangin kalo mau beli buku, atau baca gratis disana :P.

BSM sering banget dipake buat acara - acara besar macem tahun baruan, terus kalo ada acara dari stasiun TV gitu, kayak Nonton Bareng nya MotoGP yang dulu pernah beberapa kali disana, terus audisi - audisi gitu, LA Street Basketball, dan lain lain. Pokoknya disini rame banget deh, soalnya pelataran mallnya luas banget. Pernah ada lapangan Go-Kart juga loh :D

BSM jadi tambah rame karena ada Trans Studio Bandung. Yah, semacam Dufan atau Universal Studios gitu deh. Dan lama kelamaan saya makin males kesini karena makin rame ! Ya, saya males ke tempat orang yang penuh dan rame. Dan lagi - lagi, saya juga belom pernah sekalipun ke sana karena , sekali lagi, nggak punya uang ! Bayangin aja, buat tiket masuknya aja udah bisa nyekek leher. 200 ribu buat weekday, dan 250 ribu buat weekend ( CMIIW ). Dan dari yang saya denger sih, masih mending Dufan daripada disini. Makanya hampir ga ada niat buat kesana. Kecuali kalo diajak terus ditraktir ke sana sih, ya mau - mau aja. Siapa yang nggak mau ditraktir ? :)

Dan akhir tahun 2011 saya ngeliat ada konstruksi lagi di BSM. Ngira - ngira buat apa, eh ternyata sekarang ditambah Hotel Ibis Bandung, dan yang bikin saya agak kesel, BSM nya nggak keliatan dari depan ! Jadi orang luar yang belum pernah ke BSM bakal bingung tuh. Yang parahnya lagi, di iklannya mereka, mereka menyebutkan " Kawasan Trans Studio Bandung" Padahal jelas - jelas yang punya kawasan duluan kan Bandung Supermall. Hih, ngerusak aja.

Feeling saya, Gatot Subroto bakal jadi salah satu jalan termacet di Bandung deh kalo gitu terus. Dan makin malaslah saya untuk lewat Gatsu ...

1 komentar:

  1. eh kamu dari stsn ya...
    sekolah kedinasan juga :)
    salam kenal ya,,,ane dari STAN,
    PTK expo nanti ikut??

    BalasHapus