Jumat, 25 Mei 2012

Manajemen Waktu bag. 3 : Tips Memanajemen Waktu

Dalam memanajemen waktu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempermudah memanajemen waktu. Berikut tips - tips yang dapat saya paparkan .


1. Buatlah rencana .

Agar kegiatan yang kita lakukan terarah dan berjalan dengan baik, buatlah rencana kegiatan terlebih dahulu. Berapa lama waktu yang dibutuhkan, apa saja kendalanya, dan rencanakan pula langkah - langkah antisipatif dan solusi ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Hilangkan sifat suka menunda pekerjaan.

Sifat ini mungkin yang paling sering ditemui ketika membicarakan masalah memanajemen waktu. Hilangkanlah kebiasaan seperti ini, segeralah kerjakan apa yang perlu dikerjakan untuk mengefisienkan dan mengefektifkan waktu yang ada sehingga kita dapat mengerjakan pekerjaan lain ketika pekerjaan ini telah selesai. Dengan menghilangkan sifat menunda pekerjaan, akan terbantu pula produktifitas dari organisasi tempat kita bekerja.

3. Fokus.

Fokuslah dengan apa yang kita kerjakan saat ini. Jangan kerjakan secara setengah setengah, dan prioritaskan dulu apa yang harus kita kerjakan saat ini. Buanglah segala halangan dan hal - hal yang dapat mengganggu kita selama mengerjakan pekerjaan kita.

4. Buatlah Skala Prioritas.

Dengan skala prioritas, pilihlah mana yang perlu dikerjakan saat ini juga, mana yang perlu diprioritaskan dalam pengerjaan, mana yang dapat ditunda di lain waktu. Tundalah hal - hal yang tidak perlu.

5. Buatlah deadline.

Tentukan deadline, agar kita dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau bahkan sebelum pekerjaan tersebut selesai.

Disarikan dari Kuliah umum oleh Donny Oktavian Syah ( oktaviansyah@gmail.com ) Bogor, 25 Mei 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar